Parfum Di Dalam Kemasan Botol Plastik

kemasan botol plastik

kemasan botol plastikSiapa yang menyangka, bahwa kemasan botol plastik ternyata dapat dijadikan wadah atau tempat penyimpanan cairan parfum yang sangat praktis. Meskipun pada prinsipnya cairan parfum yang disimpan di dalam wadah plastik cenderung tidak tahan lama, pada kenyataannya masih banyak pengguna kemasan botol dari plastik ini untuk menyimpan parfumnya.

Pada umumnya pecinta atau pengguna parfum, memanfaatkan kemasan botol plastik ini hanya untuk menyimpan campuran cairan parfum yang jumlahnya lebih sedikit atau yang telah ditambahkan alkohol di dalamnya.

Tujuan Penggunaan Kemasan Botol Plastik Pada Parfum

Tentu saja dengan ditambahkan kadal alkohol pada cairan parfum tersebut akan menyebabkan tingkat keencerannya semakin tinggi dan biasanya hanya digunakan atau dipersiapkan untuk beberapa jam atau  satu hari saja.

Tujuan lain dari menambahkan cairan alkohol atau bahkan pengencer lainnya adalah untuk mengurangi tingkat ketajaman dari wangi yang sesungguhnya dan juga untuk mencegah rusaknya parfum aslinya saat sedang bepergian atau berada di lokasi yang cenderung berisiko tinggi terhadap parfum tersebut.

Keuntungan Menggunakan Kemasan Botol Plastik

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh atau yang menjadi tujuan penggunaan kemasan botol plastik antara lain:

  • Mengurangi risiko kehilangan botol parfum yang mahal.
  • Menghindari pecahnya kemasan atau wadah parfum akibat lingkungan atau hal lainnya.
  • Menambah usia pemakaian dari alat spray atau pompa pada botol parfum kemasan kaca.

Di samping itu tentunya ada beberapa alasan segi ekonomis yang memang parfum kemasan botol plastik cenderung lebih murah dan bila dipergunakan dengan takaran pengenceran tinggi akan lebih irit.

Kekurangan Menggunakan Kemasan Botol Plastik

Cairan parfum dibuat dari berbagai zat kimia termasuk di antaranya alkohol yang sangat sensitif dan mudah terkontaminasi dengan bahan plastik.

Oleh karena itulah botol parfum pada umumnya diletakkan pada kemasan botol kaca yang memang telah di desain dan dipersiapkan khusus untuk menyimpan parfum, sebab dari pemilihan bahan dasar dari kemasan botol kaca tersebut sudah melalui proses penelitian yang cukup intensif.

Memilih Kemasan Yang Sesuai Kebutuhan

Untuk memilih jenis kemasan parfum yang sesuai kebutuhan, sebaiknya diperhatikan komposisi dari cairan parfum yang dikandungnya. Hal ini bisa didapatkan dari label pada kemasan aslinya atau bisa ditanyakan kepada orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pengolahan bahan kimia terutama untuk campuran atau komposisi parfum.

Secara garis besarnya penggunaan kemasan botol plastik pada parfum bukanlah hal yang berbahaya atau hal yang salah, hanya saja karena sifat dari plastik yang sangat sensitif terhadap zat kimialah yang sebaiknya menjadi pertimbangan apabila ingin menyimpan parfum dalam kemasan botol plastik dalam kurun waktu yang lama