Kenali 5 Jenis Parfum Dan Penggunaannya

Parfum yang kita kenal dengan pewangi biasanya diaplikasikan ke badan, dengan tujuan badan kita menjadi wangi dan segar. Karena tubuh yang harum tentunya menjadi kita lebih percaya diri. Bahkan wewangian juga bisa menjadi mood booster lho.

Wangi parfum biasanya terbuat dari bahan alami seperti bunga, batang, daun, dan buah-buahan. Dan tahukan anda kalau ketahanan wangi parfum itu berbeda-beda. Tergantung jenis parfum yang anda pilih. Biasanya pilihan aroma wangi parfum,juga bisa menentukan karakteristik dan kepribadian seseorang.

Nah, berikut ini ada 5 jenis parfum yang bisa anda kenali

  1. Extrait de Perfume

Parfum jenis ini memiliki kandungan essensial yang paling banyak, sehingga aroma parfum lebih kuat dan tahan lama. Wanginya bisa bertahan sampai 2 hari. Tidak heran, banyak wanita yang lebih menyukai jenis parfum ini.

  1. Eu de parfume

Eau de Parfum biasanya mengandung sekitar 15% hingga 20% wewangian, parfum ini paling banyak dijumpai. Dikemas dengan botol kecil berkisar 40 s/d 60 ml dan botol tersebut tidak bermodel semprotan. Jenis wewangian ini bisa bertahan hingga 1 hari, bahkan bila usai mandipun aroma dari parfum itu masih tercium.

  1. Eau de toilette 

Kata Eau de Toilette berasal dari istilah Prancis “faire sa toilette” yang artinya bersiap-siap. Harga Eau de Toilette pun cukup terjangkau dan cocok untuk digunakan sehari-sehari. Kemasan botolnya hampir sama dengan Eu de parfume. Kalau biasanya parfum cocok untuk digunakan pada acara malam hari, Eau de Toilette sangat pas untuk penggunaan siang hari.

  1. Eau de Cologne

Parfum ini cukup popular. Jenis ini biasa yang kita pakai dan sering ditemukan di penjual-penjual parfum di toko-toko di mall dengan berbagai macam harga yang terjakau dengan segala merk. Kandungan essensialnya yang rendah, dan hanya bertahan sampai 4 jam saja. dikemas dengan berbagai bentuk botol yang cukup besar (100 s/d 200 ml). Botol ini bermodelkan semprotan.

  1. Splash Cologne

Wewangian yang satu ini merupakan jenis parfum yang paling murah dengan harga puluhan ribu saja. Tingkat essense-nya juga hanya berkisar antara 1 hingga 3 persen saja. Tapi parfum ini memberikan efek menyegarkan karena biasanya dipakai setelah mandi. Biasanya, cologne tersedia dalam kemasan botol yang cukup besar.

Bagaimana Cara Menggunakan Parfum?

Untuk jenis eau de parfum dan eau de toilette dengan cara dioleskan secukupnya di Belakang pergelangan tangan (di daaerah nadi tangan kita), Belakang telinga, Leher dekat dagu kita dan daerah tengkuk dekat bahu/punggung.

Untuk jenis eau de cologne cukup disemprotkan di badan depan ataupun sisi kanan dan kiri, dan jenis splash cologne dioleskan pada bagian depan badan.

Tetap diingat untuk jenis kulit yang alergi atau rentan terhadap iritasi bisa pemakaiannya dioleskan atau seandainya hanya memiliki parfum jenis semprot, bisa ditempuh dengan cara semprotkan pada pakaian bagian dalam dengan jarak kurang lebih 2 jengkal tangan. Dan pada saat menyemprotnya harus searah dengan arah angina agar tidak mengenai mata.

Demikian artikel tentang jenis – jenis parfum dan bagaimana cara menggunakannya, semoga mempunyai sedikit manfaat bagi pembaca semuanya.