Kemasan Apa yang Paling Ramah Lingkungan?

Kemasan Apa yang Paling Ramah Lingkungan

Ramah Lingkungan atau Go-Green telah menjadi standar mutu pelayanan dan juga standar operasional perusahaan-perusahaan saat ini. Dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat pengguna atau konsumen terhadap lingkungan telah menghadirkan beragam pilihan pengganti kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Penggunaan kemasan seperti plastik telah berkurang secara signifikan seiring meningkatnya kesadaran dari pihak produsen maupun konsumen terhadap bahaya yang ditimbulkannya untuk lingkungan sekitar.

Bahaya Kemasan Plastik

Dapat dilihat tingkat penurunan permintaan dalam kemasan plastik karena meskipun biayanya lebih rendah, plastik terdegradasi dari waktu ke waktu dan dapat memengaruhi kualitas produk Anda. Beberapa plastik dapat mengandung BPA tingkat tinggi yang merupakan bahan kimia industri berbahaya yang dapat menyebabkan efek kesehatan negatif pada bayi dan anak-anak.

Dampak lingkungan dan kesehatan yang lebih besar dari penggunaan plastik di planet kita juga telah terbukti meningkatkan mikroplastik yang ditemukan pada manusia dan satwa liar. Industri yang menggunakan kemasan plastik seperti rumah dan taman, perawatan kesehatan, dan makanan atau minuman telah mulai menggerakkan produknya untuk memasukkan kemasan kaca karena keberlanjutan dan dapat didaur ulang. 

Mengapa Memilih Wadah Kaca?

Kaca telah menjadi barang kemasan yang populer selama 100 tahun terakhir, kaca diakui sebagai alternatif positif yang berkelanjutan. Sebagai bahan yang sepenuhnya dapat didaur ulang, kaca memiliki manfaat majemuk yang baik untuk lingkungan dengan menghemat sumber daya alam dan dapat berkontribusi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kondisi kesehatan masyarakat.

Tidak seperti bahan kemasan lainnya, kaca memiliki masa pakai yang tidak terbatas tanpa kehilangan kualitas saat didaur ulang, karena terbuat dari bahan alami. Wadah kaca juga sangat serbaguna dan biasanya digunakan dalam industri makanan, wewangian rumah, mandi dan tubuh, dan kosmetik. 

 

Kaca tidak berpori dan menjaga kualitas produk selama masa pakai produk seperti krim sensitif atau obat mahal termasuk kemasan botol kaca parfum yang membutuhkan perlindungan dari unsur luar yang dapat menurunkan kualitas.

Manfaatnya yang tidak keropos dan kedap air berarti tidak ada pencampuran atau interaksi antara kemasan kaca dan produk akhir sehingga kualitas produk tidak akan terpengaruh oleh penggunaan kemasan kaca.

Tidak seperti kemasan tradisional, kaca dapat memiliki biaya pengiriman yang lebih tinggi karena beratnya, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen bersedia membayar lebih untuk opsi kemasan yang berkelanjutan.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa 74% konsumen bersedia membayar lebih untuk produk dengan kemasan ramah lingkungan karena mereka bersedia membayar untuk melindungi planet ini. 

Kemasan Ramah Lingkungan

Tren Kemasan yang ramah lingkungan sedang mengalami peningkatan dan minat yang cukup baik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya apakah itu plastik, karton, atau kertas, terdapat perubahan besar dalam cara beberapa industri paling populer di dunia menerapkan kemasan ramah lingkungan ke dalam model bisnis mereka.

Apakah Anda memperhatikan kedai kopi favorit Anda sekarang memberikan sedotan kertas atau Anda pernah ke restoran yang menyediakan peralatan makan dari bambu, beralih ke kemasan ramah lingkungan lebih dari sekadar iseng-iseng, ini adalah kesempatan untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan buat opsi yang dapat didaur ulang untuk bisnis Anda yang akan disukai oleh lingkungan dan pelanggan Anda.

Bahan Kemasan Ramah Lingkungan Lainnya yang Perlu Dipertimbangkan

Beberapa bahan yang sering dijadikan sebagai pengganti kemasan ataupun tools yang ramah lingkungan dapat ditemukan dengan mudah. Baik itu bambu, baja, atau kaca, ada beberapa pilihan kemasan ekologis yang dapat digunakan bisnis Anda untuk menjadi perusahaan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Namun, menggunakan kemasan produk yang ramah lingkungan bukanlah satu-satunya cara untuk menjadi lebih ramah lingkungan, Anda dapat merampingkan proses ini dengan juga menggunakan kemasan pengiriman yang berkelanjutan saat mengangkut barang Anda.

Menjaga produk Anda tetap aman selama transportasi sangat penting, tetapi begitu juga dampak lingkungan dari kemasan Anda. Kemasan hijau atau kemasan berkelanjutan biasanya mencakup bahan yang dapat terurai dan dapat didaur ulang, bukan plastik atau styrofoam