Jenis – Jenis Kemasan Untuk Skin Care

Memiliki kulit yang sehat, bersih dan glowing adalah dambaan setiap wanita. Belakangan, banyak masyarakat yang menyadari akan pentingnya merawat kulit agar terlihat cantic, sehat bersinar. Bahkan, tak sedikit wanita yang rela melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang sempurna, agar tampil cantik dan memukau

Melihat fenomena tersebut, dalam beberapa tahun belakangan, skincare lokal kian bermunculan di Indonesia. Hal itu tidak lepas dari minat masyarakat yang mencari skincare ramah di kantong serta efektif yang tak kalah dari produk luar negeri.

Terlebih, di Indonesia sendiri untuk meluncurkan produk skincare dengan brand sendiri bisa melalui jalan yang mudah. Karena dari pemerintahpun sekarang sudah ada pendampingan untuk UMKM jika ingin mengurus perijinan, baik itu ijin usaha, BPOM, kehalalan dan lain – lain.

Bahkan untuk mencari supplier kemasan untuk produk skincare pun sekarang sangat gampang. Supplier kemasan skincare seperti Talia.id bahkan bisa menerika custom kemasan dengan berbagai macam model. Kemasan produk kecantikan adalah salah satu hal penting dalam menjaga kualitas produk. Tanpa adanya pengemasan yang baik, produk kosmetik maupun skincare dapat mudah rusak. Alhasil, hal tersebut dapat membahayakan bagi penggunanya.

Tahukah anda ada berbagai macam jenis dan bentuk kemasan yang direkomendasikan oleh BPOM agar mampu memproteksi produk kosmetik.

Berikut ini ada beberapa bentuk kemasan kosmetik dan skincare yang paling banyak kita jumpai.

  1. Tube

Kemasan tube ini biasanya dipakai untuk produk setengah cair seperti lotion, hand body cream, gel. Kemasan ini tertutup rapat dan mampu melindungi produk dari bahaya kontaminan luar.

  1. Small pots

Small pots ini digunakan untuk produk – produk konsentrasi kecil seperti lip balm,lip cream dll. Small pots memungkinkan konsumen membawa produk kosmetik atau skincare dengan lebih mudah. Bentuknya biasa dalam ukuran kecil hingga sedang.

  1. Botol pet dengan pump

Botol pet dengan tutup pump dipakai untuk produk kosmetik berbentuk cair, seperti shampoo, sabun cair, body lotion. Dan juga kemasan botol pump ini juga sering digunakan dengan produk yang memiliki konsentrasi formula yang tinggi seperti, serum dengan kandungan anti-aging, dan whitening.

Kemasan berupa botol pump terbilang paling higienis karena kedap udara dan kecil kemungkinan kontaminan masuk. Pump yang kedap udara mampu melindungi produk kosmetik dan skincare dari zat-zat luar.

  1. Botol spray

Hanya skincare berbentuk cair saja yang bisa memakai produk ini, karena cara kerjanya adalah dengan disemprot. Produk ini biasa dipakai produk face mist yang digunakan untuk menyegarkan wajah.

  1. Cream Jar

Kemasan jar ini memiliki berbagai macam ukuran. Digunakan untuk produk berbentik cream. Karena saat memakainya biasanya terkontaminasi dengan jari, maka kemasan jar ini memiliki resiko kontaminasi dengan bakteri lebih besar.

  1. Plastik Kemasan Sachet

Beberapa contoh produk yang dikemas menggunakan plastic kemasan adalah face mask, shampoo, bahkan serum pun ada yang menggunakan kemasan sachet, namun untuk serum dilengkapi dengan tutup tube agar produk tetap terjaga.

Salah satu kelebihan dari menggunakan plastik kemasan adalah ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

Ternyata bentuk kemasan kosmetikpun ternyata mempengaruhi dalam menentukan kualitas produk. So, jika anda berniat membuat produk kosmetik lebih baik berhati – hati dalam memilih kemasan sebagai packaging produk anda. Agar produk anda terjaga kualitasnya.